Tutorial Seo Youtube Untuk Pemula | AbangJeff

 


Abangjeff.online | jumpa lagi dengan aku bangjeff di artikel tutorial terbaru aku saat ini tahun 2020. 

Tips, trik, cara, dan teknik belajar SEO YouTuber berikut ini pastinya wajib banget Junior cermati baik-baik bila ingin menjadi YouTuberr sukses!


Karena, di zaman yang serba ada internet seperti sekarang, YouTuber kini sudah menjadi profesi yang cukup menggiurkan, bahkan mampu menarik perhatian banyak orang, dan mungkin Junior salah satu diantaranya.


Secara umum, YouTuber adalah salah satu situs yang memiliki jumlah pengunjung terbesar di setiap harinya. Digunakan sebagai platform promosi, branding, atau pun mencari uang dari iklan, tentu saja traffic yang tinggi pada vidio yang diunggah serta kemunculan iklan akan menjadi ladang dimana Junior akan mendapatkan pundi-pundi rupiah.


SEO untuk YouTuber sendiri merupakan langkah penting untuk melakukan optimasi pada sebuah vidio yang diunggah. Tujuan utama dilakukan optimasi tersebut tidak lain agar vidio lebih banyak diakses.


Oleh karenanya pastikan Junior sudah menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat sehingga vidio bisa muncul diposisi teratas.


Apabila Junior masih kebingungan mengenai hal tersebut, tak perlu Gelisah, berikut akan AbangJeff bagian penjelasan selengkapnya untuk Junior.


Pastikan Junior Sudah Memiliki Akun YouTuber

Ya, sebagai langkah awal belajar SEO YouTuber yang harus Junior tahu dan lakukan sudah pasti Junior harus terlebih dulu memiliki akun YouTuber itu sendiri.


Bagaimana Junior bisa belajar SEO YouTuber kalau Junior ternyata tidak memiliki akun YouTuber?


Tak perlu Gelisah, klik panduan berikut : Mudahnya Bikin Channel YouTuber


Mulai Upload vidio Secara Rutin
Cara SEO YouTuber

Sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari YouTuber Junior tentu saja disarankan untuk membuat konte vidio yang original untuk diunggah di channel YouTuber yang sudah dibuat tadi.


Namun meskipun demikian, pastikan pula konten vidio tersebut tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari vidio clip, image, logo, hingga back sound.

Junior harus lebih rajin dan rutin lagi dalam mengunggah vidio ke channel YouTuber. Setidaknya Junior harus mengunggah sekitar 100-200 vidio original yang unik dan menarik untuk mendapatkan penghasilan lebih besar lagi.


Semakin banyanya vidio yang diunggah, maka akan semakin besar pula kesempatan Junior untuk mendapatkan penghasilan dari YouTuber.


Meningkatkan Popularitas Channel YouTuber Junior

Meningkatkan Popularitas Channel YouTuber


Pada dasarnya ada banyak sekali Cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kepopularitasan channel YouTuber Junior, beberapa diantaranya sebagai berikut.


1. Lebih rajin lagi mengunggah konten vidio yang unik, menarik, dan bermanfaat. Jangan lupa pula untuk memperhatikan dengan baik kualitas vidio tersebut, sangat disarankan sekali agar vidio Junior memiliki resolusi yang baik dan penampilan jelas.


TONTON VIDIO INI UNTUK PENJELASAN DARI SAYA. MAKASIH


2. Tetap fokus mengunggah konten vidio sesuai niche atau minat Junior. Dengan begitu channel-mu akan lebih mudah dikenal banyak orang.


3. Jangan sungkan-sungkan untuk mengajak pengunjung atau penonton channel-mu untuk menjadi subscriber.


4. Mempromosikan vidio atau channel-mu ke sosial media yang Junior miliki, contohnya Facebook, Twitter, Instagram, LINE, WhatsApp, dan lain-lain.


Mendaftar ke Google Adsense

1. Pertama, Log-In ke channel YouTuber Junior.


2. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting, caranya adalah dengan mengeklik Icon Profile – Setting.


3. Klik Icon Profile – Creator Studio, dengan begitu Junior bisa masuk dalam Dashboard Studio yang Junior miliki. Dashboard ini berisikan sekumpulan pengaturan yang akan memudahkan pemilik akun YouTuber dalam mengelola vidio dan akunnya.


4. Pada bagian channel klik opsi Others Features – Monetization.


5. Buka menu tersebut maka Junior akan langsung dibawah menuju halaman YouTuber Partner Program. Dimana halaman ini berisikan tahapan yang harus dilakukan untuk mendaftar YouTuber Adsense, antara lain sebagai berikut.


– Persetujuan YouTuber Partner Program


– Menghubungkan akun YouTuber dan Adsense


– Pengaturan pemilihan monetisasi


– Review setelah mendapatkan 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber


Selengkapnya : 24 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTuber


Cara Agar Trending di YouTuber
Membuat Konten Lain Dari Yang Lain

Belajar SEO YouTuber memang terlihat mudah, tapi dalam praktiknya ternyata banyak pula dari mereka yang pada akhirnya berhenti di tengah jalan, dan tidak melanjutkan membuat konten untuk channel YouTuber-nya.

Buat Junior nih YouTuberr yang ingin konten vidio YouTuber terbaru masuk trending topik di YouTuber, maka sebagai langkah pertamanya adalah memastikan Junior sudah membuat konten lain dari yang lain.

Selain itu, pastikan pula konten vidio tersebut benar-benar original, berbeda, dan pastinya menarik perhatian pengguna YouTuber.


Sebab, seperti yang kita tahu bersama, bahwa bukan hanya Junior saja yang setiap harinya mengunggah konten vidio di YouTuber, oleh karenanya untuk mencuri perhatian pengguna YouTuber yang tingkat persaingannya cukup ketat tentu saja Junior harus membuat konten semenarik dan sekreatif mungkin.


Peran Penting Judul dan Deskripsi vidio YouTuber

Meskipun kelihatannya sepele, tapi pada kenyataannya pemilihan kata yang diselipkan pada judul konten YouTuber sangat penting sekali, bahkan memiliki pengaruh cukup besar bagi vidio Junior untuk masuk ke daftar trending saat ini.


Oleh karenanya Junior disarankan untuk memilih kata mearik dan mengundang pengguna YouTuber untuk mengeklik, menyukai, dan membagikan vidio Junior.


Kemudian untuk deskripsinya sendiri juga sangat menentukan apa vidio tersebut bisa terlihat menarik atau tidak bagi para pengguna YouTuber. Dalam hal ini Junior dituntut untuk menyematkan kata kunci yang menarik dan disukai oleh mesin pencari dan pengguna YouTuber.


Membuat Thumbnail Yang Menarik

Apabila konten vidio yang dibuat sudah original dan menarik, maka Junior juga tidak boleh sampai lupa dengan peranan thumbnail pada konten vidio Junior tersebut.


Sebaiknya Junior buat thumbnail yang menarik untuk memikat para pengguna YouTuber. Tapi pastikan Junior tidak membuat thumbnail yang menipu, sebab hal ini akan sangat merugikan channel YouTuber Junior.


Mengajak Pengguna YouTuber Untuk Berlangganan

Cara Menambah Subscribe YouTuber Dengan Cepat


Langkah terakhir belajar SEO YouTuber agar konten Junior bisa tranding satu di YouTuber adalah mengajak pengguna YouTuber untuk berlangganan atau menjadi subscriber Junior.


Ini tentunya penting untuk dilakukan, sebuah ajakan bisa saja mempengaruhi pengunjung lain untuk ikut berlangganan terhadap konten vidio Junior.



 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan interaksi komunikatif yang intens dengan pengunjung YouTuber-mu. Sebab, hal tersebut pastinya akan mendatangkan sebuah keuntungan besar apalagi jika komunikasi berjalan dengan baik.


Teknik SEO YouTuber

Teknik SEO YouTuber Riset Keyword

Melakukan Riset Kata Kunci Atau Keyword

Dalam belajar SEO YouTuber bagi pemula yang mudah Junior juga mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Tidak jauh berbeda dengan konten yang ada pada sebuah blog atau website, di sini Junior juga harus menempatkan kata kunci dengan tingkat kerapatan tertentu.


Mulai dari kata kunci utama, turunan, dan sinonimnya atau LSI. Kata kunci tersebut nanti akan menjadi penentu dimana posisi konten vidio yang Junior buat.


Membuat vidio Dengan Kualitas Bagus

Tidak jauh berbeda dengan Google, algoritma YouTuber ternyata juga tidak kalah rumitnya dan bahkan sering sekali berubah-ubah.


Sehingga, cara SEO vidio YouTuber menjadi semakin keren untuk dipelajari lebih lanjut dan mendalam.


Dengan kata kunci yang sama, pastinya konten vidio yang Junior buat memiliki kesempatan ada di halaman pencarian kesekian dan milik orang lain ada dalam daftar paling atas.


Dalam pencarian YouTuber ternyata vidio yang ada di posisi paling atas adalah vidio yang paling sesuai dengan kata kunci atau memiliki kata kunci yang relevan.


Selain itu, pastikan vidio yang dibuat memiliki kualitas yang bagus agar bisa menarik perhatikan pengguna YouTuber.


Melakukan Optimasi Metadata

Pada pembahasan di atas, banyak yang mengatakan kata kunci atau keyword, tapi pada kenyataannya tak banyak orang tahu dimana kata kunci tersebut harus diletakkan.


Apakah harus di dalam vidio atau pada caption, tag, deskripsi, dan lain-lain. Untuk urusan satu ini Junior bisa meletakkan kata kunci di tempat mana saja.


Mempromosikan vidio YouTuber Junior

Apabila Junior sudah melakukan berbagai cara belajar SEO YouTuber di atas, lantas apa tugas Junior sudah selesai sampai di situ? Tentunya tidak.


Masih ada banyak hal yang harus dilakukan agar konten vidio Junior bisa menarik banyak penonton, misalnya saja dengan melakukan promosi, di berbagai sosial media yang Junior miliki atau dengan mengiklankan vidio Junior.


Evaluasi vidio YouTuber Junior

Sebagai langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Dalam hal ini Junior perlu melakukan sejumlah evaluasi pada semua konten vidio yang sudah dirilis.


Untuk melakukan evaluasi vidio di YouTuber ini sebenarnya mudah sekali, Junior bisa mencoba menggunakan Analytics Tool.


Junior hanya perlu membuka Studio YouTuber lalu mengarahkan kursormu ke bagian kiri dan klik saja pada opsi Analytics.


Cara Riset Keyword YouTuber

Keywordtool.io

Cara riset keyword YouTuber yang pertama adalah melalui tool terbaik satu ini, yakni Keywordtool.io.


Kehebatan tool tersebut memang tak perlu diragukan lagi, Keywordtool.io tidak hanya digunakan di Google, tetapi juga Amazon, Bing, App Store, eBay, dan tentu saja YouTuber.


Tidak hanya tersedia dalam versi gratisan, Keywordtool.io namun juga bisa digunakan pula dalam versi berbayar.


Tapi sangat disayangkan sekali, pada saat Junior menggunakannya dalam versi gratisan maka Junior tidak bisa melihat search volume, CPC, trend, dan competition.


Bahkan saran kata kunci terkait kata kunci yang Junior miliki pun juga dibatasi.


Google Trends

Tool berikut ini juga tidak kalah bagusnya untuk digunakan mencari kata kunci dalam pembuatan konten vidio YouTuber terbaru. Metode untuk melakukan riset kata kunci Google Trends bisa dibilang sangat bagus sekali.


Tidak hanya akurat untuk mencari trend apa saja yang sedang dibicarakan oleh orang banyak, Google Trends ternyata juga memudahkan Junior untuk mencari kata kunci apa yang banyak dicari orang di dunia mata.


VidIQ

Lalu untuk pilihan berikutnya ada VidIQ yang juga tidak kalah menariknya untuk dimanfaatkan saat Junior ingin melakukan riset keyword untuk konten YouTuber Junior. Tool tersebut bahkan bisa melengkapi data pencarian berdasarkan negara tertentu.


Selain itu, VidIQ juga menjadi salah satu tool premium pencari kata kunci YouTuber dengan hasil analisis yang lebih mendalam dan akurat pastinya.


SEMrush

Buat pemula yang baru belajar SEO YouTuber Junior lebih disarankan untuk menggunakan tool satu ini pada saat mencari kata kunci. Meskipun sangat sederhana sekali, tetapi tool tersebut terbukti mampu menyediakan informasi yang akurat berdasarkan search volume Google.


Juga memberikan pengguna insight topik yang paling banyak dicari orang. SEMrush juga akan memperlihatkan skor kesulitan kata kunci yang dicari.


Keyword Everywhere

Lalu untuk pilihan terakhir adalah Keywords Everywhere yang merupakan plugin Mozilla Firefox dan tersedia pula sebagai ekstensi di Google Chrome.


Tool satu ini akan memungkinkan Junior untuk bisa tahu search volume, CPC, juga kompetisi AdWords untuk kata kunci yang ingin digunakan. Selain itu, melalui tool ini pula Junior tidak hanya bisa menggunakannya di Google saja, tetapi juga di YouTuber.


Cara penggunaan tool untuk riset keyword YouTuber tersebut mudah sekali, Junior hanya perlu memasang plugin ini di browser yang Junior gunakan.


Kemudian mencari kata kunci atau keyword yang diinginkan pada kolom pencarian Google atau YouTuber. Maka secara otomatis data akan muncul di bawah kolom pencarian.


Meskipun sekarang sudah berbayar, semoga tidak menjadi kendala ya.

Aplikasi SEO YouTuber pertama yang harus Junior download dan install pada saat ingin belajar SEO YouTuber adalah All In One SEO Pack. Ini sebetulnya merupakan aplikasi yang masuk dalam golongan plugin WordPress, itu artinya pengguna WordPress bisa mengaplikasikannya dengan sangat baik.


Namun meskipun demikian, Junior juga bisa menggunakannya ketika belajar SEO YouTuber. Untuk menggunakan aplikasi tersebut sebenarnya mudah sekali, Junior hanya perlu Add New Plugin – All In One SEO Pack – menginsall Plugin – Activate Plugin.


Sementara itu untuk melakukan pengaturan tambahan Junior bisa mencoba melihat pada bagian Sidebar menu dengan nama All In One SEO.


Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang tidak kalah menariknya untuk diJuniorlkan pada saat Junior belajar SEO website atau YouTuber.


Aplikasi tersebut akan membantu Junior untuk meningkatkan traffic pengunjung. Secara umum, aplikasi tersebut memang dibuat secara khusus untuk mendatangkan pengunjung.


Pada dasarnya ada banyak sekali aplikasi belajar SEO YouTuber yang bisa Junior manfaatkan, salah satunya adalah Open Site Explorer.


Kabar baiknya, ternyata aplikasi tersebut juga bisa diJuniorlkan untuk membantu Junior dalam melihat link building website atau blog kompetitor, anchor text yang kerap kali mengarah ke situs kompetitor, juga keterangan pihak mana saja yang melakukan link building ke situs kompetitor.


Ahrefs

Smentara untuk aplikasi satu ini ternyata akan membantu penggunanya untuk mendapatkan data penting mengenai sejauh mana strategi online yang tepat diterapkan di sebuah akun YouTuber atau website maupun blog berhasil.


Tubebuddy

Terakhir ada Tubebuddy, ini merupakan aplikasi terbaik yang akan menjadi alat untuk memudahkan Junior dalam mengelola dan mengoptimasi vidio maupun channel YouTuber Junior. Melalui aplikasi ini pula Junior bisa secara otomatis memperbaharui, mengunggah, atau menghapus anotasi juga kartu pada channel Junior.


Jasa SEO YouTuber Terbaik

Tidak ada salahnya jika Junior belajar SEO terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa seo YouTuber. Sebenarnya, untuk memudahkan Junior dalam hal pemilihan jasa SEO YouTuber yang lebih qualified.


Dan saya coba jabarkan poin penting dalam pemilihan jasa SEO YouTuber seperti di bawah ini :


Verifikasi Informasi Jasa SEO YouTuber

Dalam pemilihan jasa SEO murah berkualitas Junior harus memilih perusahaan jasa SEO yang memberi Junior alamat fisik dan informasi kontak secara jelas.


Verifikasi informasi yang diberikan akan memberikan Junior sebuah informasi secara mendetail dengan baik dan benar Google pun bisa mengenali dengan baik alamat fisik mereka.


Berbicara Dengan Pelanggan Saat Ini Dan Sebelumnya

Cara lain untuk mendapatkan perusahaan jasa SEO yang baik dan bisa bekerja secara profesional adalah berbicara dengan pelanggan atau klien mereka saat ini dan sebelumnya.


Pihak penyedia jasa SEO terkemuka pastinya akan memiliki umpan balik dan testimonial pelanggan di situs web mereka. Oleh karena Junior harus meluangkan waktu untuk membaca, bila memang memungkinkan Junior juga bisa menghubungi beberapa dari mereka.


Memilih Jasa SEO Yang Tidak Terdaftar Di Situs Web Penipuan

Scam merupakan salah satu situs web yang mencantumkan beberapa jasa yang sudah melakukan penipuan kepada para pelanggan atau kliennya.


Jadi, apabila Junior menemukan jasa SEO yang masuk dalam daftar tersebut maka Junior perlu berhati-hati, sebaiknya Junior mengurungkan niat untuk menggunakan jasanya.


Ok. Sekian informasi tentang belajar SEO YouTuber ini saya perbuat, semoga menjadi bahan bacaan yang bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama