5 Tutorial Google ADS Bagi Pemula | Metode periklanan Google Adwords (Google Ads) dinilai menjanjikan untuk berbagai kategori bisnis, dari kecil, menengah, dan besar.
Khusus untuk pengusaha pemula, salah satu tujuan utamanya adalah menciptakan kesadaran atau mempublikasikan produk dan layanan untuk membuka pintu menuju profitabilitas.
Jadi, lihat panduan kami tentang cara menggunakan Google Ads, terutama bagi pemula yang ingin mulai mempromosikan bisnis mereka dan menjangkau audiens yang lebih besar.
Apa Sih Itu Iklan Google?
Menggunakan kata kunci SEO yang tepat dalam iklan Anda dengan Google Ads dapat meningkatkan kemungkinan bahwa produk bisnis Anda akan muncul di halaman pencarian Google teratas.
Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di Google Penelusuran. Tentu saja, untuk menampilkan iklan berbayar atau iklan pencarian berbayar, pengiklan harus membayar untuk menampilkan iklan dengan kata kunci tertentu yang terkait dengan produk dan layanan.
Itulah mengapa penting untuk menargetkan kata kunci tertentu dengan benar saat beriklan melalui Google Adwords, sehingga hasil pencarian untuk perusahaan dan produk Anda dapat ditemukan di bagian atas pencarian Google.
Tentu saja, semakin tinggi peringkat hasil pencarian Anda di halaman Google yang menggunakan pencarian berbayar, semakin besar kemungkinan iklan Anda dilihat oleh lebih banyak orang, sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan.
Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di Google Penelusuran. Tentu saja, untuk menampilkan iklan berbayar atau iklan pencarian berbayar, pengiklan harus membayar untuk menampilkan iklan dengan kata kunci tertentu yang terkait dengan produk dan layanan.
Itulah mengapa penting untuk menargetkan kata kunci tertentu dengan benar saat beriklan melalui Google Adwords, sehingga hasil pencarian untuk perusahaan dan produk Anda dapat ditemukan di bagian atas pencarian Google.
Tentu saja, semakin tinggi peringkat hasil pencarian Anda di halaman Google yang menggunakan pencarian berbayar, semakin besar kemungkinan iklan Anda dilihat oleh lebih banyak orang, sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan.
Pemula harus mulai belajar dan beradaptasi dengan tren bisnis di era digital ini. Anda harus memahami konsep Google Adwords yang efektif. Ini adalah dasar-dasar yang harus diketahui oleh calon pengusaha sebelum memutuskan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan Google Adwords. :
1.Cara Kerja dan Efektivitas Google Adwords
Mari kita buat analogi sederhana tentang cara kerja Google Adwords. Misalnya, jika calon pelanggan mencari kebutuhan mereka menggunakan kata kunci atau kata kunci di kotak pencarian Google, produk atau layanan Anda juga akan muncul di halaman pencarian Google.
Misalnya, ketika pengguna mencari kata kunci “sepatu murah”. Jika Anda mengoptimalkan fungsionalitas Google Adwords Anda dengan memilih kata kunci terbaik dari pencarian organik, kemungkinan orang mengunjungi situs web Anda sangat tinggi.
Nah, jika Anda berhasil "memilih" halaman iklan terlebih dahulu, kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan juga akan meningkat. Hal ini dapat menimbulkan minat untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda.
2.Membayar Iklan di Google Adwords
Ada 3 tarif beriklan di Google Ads agar pengiklan tidak tersesat dan salah dalam mengambil keputusan, CPM, CPC dan CPA. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan iklan Google Ads.
Salah satunya adalah tidak membiarkan uang iklan melebihi pendapatan terlalu lama. Oleh karena itu, lakukan evaluasi secara berkala dan detail.
Selain itu, Anda hanya membayar iklan saat orang mengeklik dan mengunjungi situs web bisnis Anda. Ada tiga istilah yang perlu Anda pahami agar iklan Anda lebih efektif dengan teknologi iklan berikut:
Biaya per 1.000 tayangan (Bayar per seribu tayangan)
Anda hanya membayar untuk setiap 1.000 orang yang melihat iklan yang "mendarat" di laman penelusuran Google. Ini adalah metode yang efektif jika Anda ingin melihat peningkatan yang signifikan dan berdampak pada penjualan dari iklan Anda.
BPK (Bayar-per-Klik)
Anda hanya membayar untuk setiap 1.000 orang yang melihat iklan yang "mendarat" di laman penelusuran Google. Ini adalah metode yang efektif jika Anda ingin melihat peningkatan yang signifikan dan berdampak pada penjualan dari iklan Anda.
BPK (Bayar-per-Klik)
Anda hanya membayar bila calon pelanggan mengeklik iklan Anda. Pada saat yang sama, Google tidak akan menagih Anda jika Anda hanya melihat iklan Anda dan tidak mengkliknya.
Biaya per konversi (bayar per konversi)
Metode ini dianggap paling efektif karena Anda membayar Google hanya ketika calon pelanggan mencapai sasarannya, mis. B.
kapan mereka benar-benar mengunjungi halaman iklan Anda, yang dapat dilihat dari berapa lama mereka berada di situs Anda. Calon pelanggan memasukkan produk mereka ke keranjang belanja dan seterusnya.
Biaya per konversi (bayar per konversi)
Metode ini dianggap paling efektif karena Anda membayar Google hanya ketika calon pelanggan mencapai sasarannya, mis. B.
kapan mereka benar-benar mengunjungi halaman iklan Anda, yang dapat dilihat dari berapa lama mereka berada di situs Anda. Calon pelanggan memasukkan produk mereka ke keranjang belanja dan seterusnya.
3.Cara mendaftar akun Google Adwords
dan melakukan transaksi pembayaran Untuk mulai memasang iklan, Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu dan mendaftarkannya ke Google Adwords. Jika Anda sudah memahami konsep dan cara kerja Google Adwords, langkah selanjutnya adalah mendaftar atau mendaftarkan akun di Google Adwords.
Berikut adalah daftar periksa dan proses pembayaran:
- Buka browser Anda dan buka situs web Google Ads.
- Jangan lupa untuk masuk ke akun Google yang Anda gunakan sebagai akun Google Adwords Anda.
- Kemudian klik menu Beranda dan pilih salah satu dari tiga tujuan periklanan Anda.
- Tulis jawabannya di kolom Company Description dan masukkan URL website iklan
- Isi cakupan target konsumen Mengidentifikasi kata kunci atau kata kunci pencarian untuk produk atau layanan
- Isi lima bidang termasuk judul dan deskripsi iklan Masukkan nomor ponsel yang akan muncul di iklan Google sehingga calon pelanggan dapat menemukan yang terdaftar
- Selain itu untuk kebebasan Anda menentukan anggaran sendiri, Anda dapat membayar bulanan menggunakan salah satu dari tiga opsi anggaran, atau paket pembayaran, yang ditawarkan oleh Google
- Informasi lengkap transaksi pembayaran
4.Keuntungan Menggunakan Google Adwords untuk Pengusaha
Keuntungan menggunakan Google Adwords untuk pengusaha pemula adalah biaya iklan dipantau, memungkinkan Anda untuk meningkatkan volume penjualan dengan cepat.
Kecepatan ini tergantung pada bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian Anda. Berikut adalah manfaat menggunakan fitur Google Adwords untuk pengusaha pemula:
Anda dapat memantau biaya iklanSistem PPC
yang digunakan oleh Google Adwords memudahkan pengiklan untuk mengelola dan memantau biaya iklan dibandingkan anggaran, meskipun tidak menjamin kesuksesan komersial 100%.
yang digunakan oleh Google Adwords memudahkan pengiklan untuk mengelola dan memantau biaya iklan dibandingkan anggaran, meskipun tidak menjamin kesuksesan komersial 100%.
Hal ini disebabkan oleh penyesuaian tingkat keberhasilan kata kunci atau pemilihan dan pengelolaan kata kunci yang tepat. Kesesuaian anggaran juga memainkan peran utama.
Memilih Format Iklan Non-Motone Ada beberapa jenis format iklan yang dapat dipilih, termasuk teks, gambar, dan audio. Namun, ini tentu saja sesuai dengan anggaran yang disediakan.
Memilih Format Iklan Non-Motone Ada beberapa jenis format iklan yang dapat dipilih, termasuk teks, gambar, dan audio. Namun, ini tentu saja sesuai dengan anggaran yang disediakan.
Target konsumen yang tepat Konsumen potensial juga terpetakan dengan baik dengan bantuan teknik pencarian Google untuk pengolahan kata kunci. Orang yang ingin membeli sepatu pasti akan melihat iklan yang menjual sepatu. - Reputasi situs web penjualan meningkat dengan SEO situs web yang paling banyak dicari. itu dengan cepat dikenali di indeks pencarian Google.
5. Kelemahan Fitur Google Adwords untuk Pengusaha
Google Ads juga memiliki kelemahan yaitu bisa mahal jika Anda memilih fitur premium
Meskipun dikatakan memberikan umpan balik yang cukup bagus, ada beberapa fitur Google Adwords yang tidak mendukung 100% upaya Anda. Beberapa kelemahan tersebut perlu dipahami sebagai dasar pertimbangan untuk mencantumkan iklan.
Menarik konsumen tidak selalu mudah
Kelemahan ini perlu disikapi dengan baik. Karena ini adalah hasil dari upaya Anda untuk menyempurnakan kata kunci Anda. Kata kunci yang kurang optimal dapat mempersulit calon konsumen untuk menemukan situs periklanan.
Fitur AdWords premium yang mahal
Jika Anda ingin menjalankan iklan berdasarkan kata kunci yang pasti muncul di bagian atas pencarian Google, Anda juga harus bersedia membayar banyak uang dan meningkatkan ke Adwords Premium.
Langkah ini seperti pertaruhan. Jika produk Anda menarik dari segi kualitas dan harga, tentu menguntungkan. Tetapi jika sebaliknya, Anda bisa menjadi scammer karena tidak mendapatkan kembali investasi Anda.
Deskripsi iklan tidak boleh hilang
Jadi ketika sebuah iklan berhasil "bertengger" di bagian atas atau halaman pertama pencarian Google, orang lain melihatnya sebagai kesuksesan Google Adwords,Bukan berdasarkan kerja keras Anda mengoptimalkan SEO secara mandiri.
Pasalnya, iklan Anda ditulis dengan jelas dan disisipkan deskripsi "ad/ads".
Nah, para pelaku bisnis pemula bisa memutuskan untuk menggunakan alat Google Ads berdasarkan beberapa poin yang disebutkan di atas. Langkah ini membutuhkan persiapan yang matang.
Karena dalam bisnis, modal dan keuntungan harus diperhatikan semaksimal mungkin agar hasil bisnis tidak dibayar untuk iklan saja.